Pages

Jumat, 18 Mei 2012

Pasar Persaingan Sempurna

PENDAHULUAN

    Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang menjual produk-produk bersifat homogen dengan jumlah penjual dan pembeli sangat banyak. Sehingga barang yang terdapat pada produsen A, produsen B, produsen C tidak dapat di bedakan oleh pembeli karena semua produk terlihat identik. Oleh karena itu, dengan adanya promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.


POKOK BAHASAN

     Dalam pasar persaingan sempurna, dapat menentukan harga sesuai dengan kesepakatan antara permintaan dengan penawaran. Jadi, permintaan adalah keinginan dari konsumen, sedangkan penawaran adalah keinginan dari produsen atau penjual.

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna:
  1. Terdapat penjual dan pembeli yang banyak.
  2. Barang yang di jual dan di beli memiliki sifat homogen (sama)
  3. Penjual dan pembeli memiliki kebebasan untuk keluar masuk pasar yang bersangkutan.
  4. Setiap pembeli dan penjual memiliki pengetahuan yang sempurna tentang keadaan pasar.
  5. Adanya mobilitas sumber daya yang ada secara sempurna.


REFERENSI