Pages

Sabtu, 25 Desember 2010

Dead Pixel Pada LCD

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Aduhhh, dah lama nih ga buat tulisan lagi di blog.... Maklum lah lagi kurang inspirasi. heheheheh.... Hmm, kali ini ane pengen share tentang yang namanya dead pixel... pasti sudah pada tau kan apa itu dead pixel??? pasti sudah tau lah yang sudah mengalaminya atau hanya mendengar dari orang yang mengalaminya. Jadi, dead pixel itu dimana suatu layar LCD terdapat titik mati atau tidak aktif warnanya. Pixel yang mati itu tidak dapat menghasilkan warna selain warna itu sendiri. Apabila yang dead pixel berwarna biru, maka yang akan muncul pada pixel itu hanya warna biru dan tidak dapat memunculkan warna lainnya. Dead pixel ini diakbatkan oleh hardware yang rusak.
    Untuk mengetahui suatu dead pixel, ada software yang dapat mengetahui bahwa LCD terdapat dead pixel atau bukan yaitu DPT (Dead Pixel Tester). Software ini akan memunculkan 1 warna pada layar, sehingga kita dapat melihat di LCD terdapat dead pixel atau tidak. Cara menjalankan software ini diantaranya sebagai berikut:
  1. Download softwarenya terlebih dahulu Disini
  2.  Bersihkan layar LCD nya dari debu dan minyak.
  3. Lalu jalankan softwarenya (software ini tidak harus di instal, jadi tinggal pake aja).
  4. Tekan C untuk mengganti warna backgroundnya.
  5. Tekan ESC untuk menghilangkan jendela utama.
  6. Lalu perhatikan baik-baik setiap warnanya.
  7. apabila terdapat warna yang dicurigai, tekan M untuk menandai warna tersebut.

    Mungkin sampai sini dulu ane share tentang dead pixel. Tips dari ane, jangan lupa bawa tuh software kalau mau beli LCD yang bekas biar ga di tipu. ^^
Semoga bermanfaat ya kawan.... Thanks.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.