Pages

Sabtu, 16 Oktober 2010

Penduduk, Masyarakat, dan Budaya

PENDUDUK

Penduduk dapat di artikan sebagai orang yang menempati sebuah daerah yang saling berinteraksi dan terikat oleh aturan-aturan yang berlaku....

Faktor-faktor demografi yang menyebabkan pertumbuhan penduduk, yaitu:
  1. Kelahiran.
  2. Migrasi.
  3. Kematian.

Migrasi juga dapat mempengaruhi sebuah pertumbuhan penduduk.... Migrasi dapat di definisikan sebagai perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain.... Migrasi terbagi menjadi 2, yaitu Migrasi Internasional dan Migrasi Internal...
  1. Migrasi Internasional adalah Perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain....
  2. Migrasi Internal adalah Perpindahan penduduk yang terjadi di dalam suatu negara, misalnya antar propinsi.
 
Terdapat faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya migrasi, di antaranya:
  1. Kurangnya lapangan kerja di daerah asal.
  2. Kurangnya fasilitas kesehatan di daerah asal.
  3. Kurangnya fasilitas pendidikan di daerah asal.
  4. Seringnya terjadi bencana alam yang mengakibatkan penduduk melakukan migrasi.

Piramida Penduduk terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Piramida Muda, Piramida Stasioner, dan Piramida Tua...
  1. Piramida Muda adalah Suatu wilayah yang penduduk mudanya lebih banyak daripada penduduk tua. Piramida penduduk muda terjadi karena tingkat kelahiran yang tinggi dibandingkan tingkat kematian penduduk.
  2. Piramida Stasioner adalah Suatu wilayah yang penduduk muda dan penduduk tuanya seimbang. Piramida penduduk stasioner disebabkan oleh tingkat kelahiran dan tingkat kematian yang seimbang.
  3. Piramida Tua adalah Suatu wilayah yang penduduk tuanya lebih banyak daripada penduduk muda. Piramida tua terjadi karena tingkat kelahiran yang lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kematian penduduk.
Rasio Ketergantungan adalah perbandingan penduduk usia produktif dengan penduduk usia tidak produktif
Berdasarkan umur, rasio ketergantungan di bagi menjadi 3 kelompok yaitu:
  1. Usia Produktif (15-64 tahun)
  2. Usia Non Produktif Muda (0-14 tahun)
  3. Usia Non Produktif Tua (65 tahun keatas)

KEBUDAYAAN

Kebudayaan dapat di definisikan sebagai suatu cara hidup yang dimiliki sekelompok orang yag diwariskan oleh para leluhur mereka dan diwarisi untuk generasi-generasi berikutnya,

Perkembangan Kebudayaan di Indonesia.
Pada saat ini, kebudayaan Indonesia sudah mulai memudar dengan munculnya budaya dari negara barat. Banyak masyarakat Indonesia yang tidak tahu kebudayaan asli Indonesia karena akbiat masuknya budaya barat. Padahal sebagai masyarakat Indonesia harus mengetahui kebudayaan Indonesia. Mungkin karena sekarang sudah Era Globalisasi sehingga budaya asli Indonesia sedikit di lupakan. Sebenernya budaya Indonesia itu bagus sekali, sampai-sampai budaya Indonesia ingin di ambil oleh negara lain. Itu di sebabkan karena kita sebagai masyarakat yang kurang simpatik oleh kebudayaan Indonesia.

Kebudayaan Barat.
Saat ini budaya barat sedang menjadi trend dimasyarakat Indonesia. Dari model Fashion, sampai kelakuan budaya barat sudah melekat di dalam tubuh masyarakat Indonesia. Kita boleh saja mengikuti trend budaya barat, tapi yang negatifnya jangan ditiru, contoh nya: Meminum minuman keras, pergi ke diskotik, dan menggunakan narkotika. Karena Perbuatan tersebut akan membuat diri masyarakat Indonesia akan menjadi rusak.



Nama: Rahmansyah Zulfachrein
NPM: 15110564