Pages

Sabtu, 02 Juni 2012

Bank Sentral dan Bank Umum

PENDAHULUAN

   Pada dasarnya di suatu negara pasti memiki bank, baik bank sentral maupun bank umum. Akan tetapi dalam suatu negara hanya memiliki satu bank sentral dan yang lainnya hanya bank umum. Dalam tugasnya, bank sentral dan bank umum itu berbeda. Disini saya akan membahas sedikit tentang apa itu bank sentral dan apa itu bank umum.


POKOK BAHASAN

1. Bank Sentral
    Bank sentral adalah suatu bank yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga stabilitas nilai mata uang, stabilitas sektor perbankan dan sistem financial secara keseluruhan. Di Indonesia, memiliki bank sentral yaitu Bank Indonesia. Bank sentral juga memiliki tanggung jawab untuk mengatur semua bank umum yang berada di negara tersebut. Bank sentral menjaga agar tingkat inflasi terkendali dan selalu berada pada nilai yang serendah mungkin dengan cara mengontrol keseimbangan jumlah uang dan barang. Bank sentral akan menggunakan cara yang dimilikinya jika perderan uang di negara tersebut beredar cukup banyak.

2. Bank Umum
    Berbeda dengan bank sentral, bank umum hanya sebuah lembaga keuangan yang menawarkan jasa-jasa yang mereka punya. Jasa yang mereka tawarkan biasanya seperti penyimpanan uang, peminjaman uang dan jual-beli mata uang asing. Di Indonesia ada banyak bank umum, contoh nya Bank Mandiri.


REFERENSI