PENDAHULUAN
Dalam ilmu ekonomin teori permintaan dan penawaran adalah penggambaran atas hubungan-hubungan di pasar, antara para calon pembeli dan penjual dari suatu barang. Pada ekonomi mkro model permintaan dan penawaran sangat penting untuk melakukan analilis perilaku serta interaksi para pembeli dan penjual.
POKOK BAHASAN
1. Pengertian Permintaan.
Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan, diantaranya:
- Harga barang itu sendiri
- Harga barang lain yang berkaitan
- Tingkat pendapatan
- Selera konsumen
- Ekspektasi/perkiraan.
2. Pengertian penawaran.
Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat di jual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran, di antaranya:
- Harga barang itu sendiri.
- Harga sumber produksi.
- Tingkat produksi.
- Ekspektasi/perkiraan.
KESIMPULAN
Jadi, permintaan dan penawaran dapat memperkirakan bahwa suatu pasar yang kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antra kuantitas yang di minta oleh konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen, sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas.
REFERENSI