Pages

Sabtu, 26 Oktober 2013

Apa itu Telematika?

    Sesuai judul tulisan ini, apa itu Telematika? Jadi telematika awalnya berasal dari bahasa Perancis yaitu "Telematique" yang berarti perpaduan antara sistem jaringan komputer dengan teknologi informasi.Teknologi Informasi itu dapat dikaitkan dengan perkembangan teknologi perangkat-perangkat sebagai pengolah informasi yang ada pada saat ini. Istilah Telematika juga dikenal sebagai "The New Hybrid Technology" yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Istilah telematika sering digunakan dalam berbagai bidang, diantaranya:
  1. Information and Communication Technology (ICT). Pada dasarnya ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  2. Global Positioning System (GPS). Sebuah teknologi sistem navigasi.
     Pada saat ini telematika banyak digunakan dalam berbagai hal, misalnya E-Commerce, E-Government, E-Learning.
  1. E-Commerce merupakan suatu proses transaksi jual-beli, transfer atau pertukaran produk secara online melalui jaringan komputer atau internet.
  2. E-Government merupakan pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan masyarakat atau pihak lain. Biasanya teknologi yang digunakan adalah berbasis internet seperti website.
  3. E-Learning merupakan teknologi telematika yang dapat menghubungkan guru dengan siswa meskipun tidak dalam satu kelas.
     Penggunaan telematika akan banyak memberikan dampak yang luas, khususnya dalam efisiensi waktu produktif, pemerataan distribusi, dll. Semakin pesat perkembangan teknologi, maka telematika ini akan semakin besar pula


Referensi:
http://upadama.blogspot.com/2012/10/pengertian-telematika.html